Tanya Jawab

Last edit: 11 Des 2015

Bonus anda keluar di tempat anda PERTAMA kali mendaftar. Jadi, kalau anda mendaftar di stokis A, maka nantinya bonus akan keluar di stokis A. Tapi, anda bebas belanja/mempunyai downline dimanapun. Contoh : Pak Joko belanja 500PV (+Rp 99.000 untuk pendaftaran) di stokis A di Solo, lalu beliau belanja lagi di stokis B di Surabaya 1.500PV, dan mempunyai downline yang mendaftar di stokis Jakarta. Bonus P Joko tetap keluar di stokis A. Bagi yang mempunyai rekening bank BCA,BII, Mandiri dan BRI (daftar bank bisa ditanyakan ke stokis terdekat), bonus ditransfer langsung ke rekening masing-masing. NB: nama pemilik rekening harus sama dengan nama distributor ! Kalau ternyata anda mendaftar di stokis A, namun bonus TIDAK ada di stokis A, berarti telah terjadi kesalahan, misal nomor rekening anda salah(nama pemilik rekening harus sama dengan nama distributor). Anda bisa minta bantuan stokis tesebut untuk menanyakan dimana keluarnya bonus.Kalau hal ini terjadi, tenang dan terus urus, mungkin butuh waktu tapi pasti akan keluar/sampai di tangan anda. (Kalau masalah tidak segera selesai, anda bisa minta bantuan upline leader aktif anda).

Ambil formulir untuk perpindahan tempat keluar bonus di stokis2. Tanyakan pada stokis tersebut bagaimana prosesnya. Bulan depan segera cek apakah bonus sudah keluar di tempat yang anda inginkan. Jika belum hubungi stokis anda yang lama.(Kalau masalah tidak segera selesai, anda bisa minta bantuan upline leader aktif anda)

Data pembelanjaan bisa dilihat di TMIS (m.tiens.co.id). Apabila ada yang salah mintalah bantuan ke stokis tempat anda / downline anda mendaftar, bawalah bukti2 yang diperlukan. Lalu follow-up terus rutin. (Kalau masalah tidak segera selesai, anda bisa minta bantuan upline leader aktif anda).
Penting : bon pembelanjaan sebaiknya disimpan sehingga kalau ada masalah, cepat selesai.

Untuk persyaratan stokis (syarat peringkat, modal, dll) bisa ditanyakan ke kantor cabang TIENS terdekat.
Dan yang paling penting adalah: KOMITMEN anda untuk mengurus stokis. Stokis akan mendapatkan fee tapi tentu ada kerepotan dan kerja. Apakah anda sudah berkomitmen mengurusinya ? Jangan sampai hanya buka sebentar dan tutup, atau laporan pembelanjaan tidak dilaporkan ke kantor (banyak terjadi di stokis yang ASAL buka dan SANGAT merugikan orang lain)
Jika anda sudah memenuhi syarat dan berkomitmen, konsultasikan ke upline leader anda. Jika ok, anda bisa telpon ke kantor cabang TIENS terdekat untuk menanyakan apakah di kota anda masih bisa dibuka stokis baru.

Carilah dahulu alamat kantor pusat TIENS di negara tersebut dimana. Untuk mengetahui kantor cabang di suatu negara, hubungi kantor cabang TIENS terdekat atau CS TIENS. Minta prospek/calon anda telpon/datang ke kantor pusat TIENS di negara tersebut untuk bertanya mengenai produk/lain2 dan bisa coba tanya stokis terdekat di mana. Penting: di tiap negara ada kemungkinan bahwa ada sedikit perbedaan produk/marketing plan karena disesuaikan dengan keadaan negara tersebut. Prospek anda bisa daftar seperti biasa ke kantor/stokis TIENS di negara tersebut, dan sponsornya adalah anda (ID distributor kita berlaku untuk seluruh dunia). Bonus akan langsung dijadikan satu dengan bonus anda dalam negeri (dikonversi ke Rupiah) dengan fee tertentu , jadi kita tidak perlu repot.
Kalau di negara tersebut BELUM ada TIENS, alternatifnya adalah produk diambil dari negara terdekat yang sudah ada TIENS, atau produk dikirim dari Indonesia. Konsultasikan ke upline aktif anda terdekat mengenai hal ini.

Hati-hati dengan pindah jaringan karena ini merupakan hal yang sangat sensitif. Apabila pindah jaringan dilakukan dengan tidak benar dan upline lama mempermasalahkan, akan diadakan penyelidikan. Apabila terbukti perpindahan yang dilakukan tidak benar maka pihak yang pindah beserta seluruh jaringan barunya harus kembali ke jaringan yang lama, dan pihak yang pindah /upline baru bisa terkena hukuman2 lainnya sesuai aturan TIENS yang berlaku.
Contoh: AA pindah dari jaringan BB ke jaringan CC pada saat AA masih aktif. Setelah tiga bulan, grup AA (di grup CC) berkembang menjadi 30 orang baru. BB mengajukan keberatan dan akhirnya penyelidikan dilakukan. Terbukti AA masih aktif pada saat pindah, maka  AA beserta 30 orang baru tersebut harus dipindah, kembali ke grup BB!!
Catatan:
- yang dikategorikan AKTIF adalah yang masih melakukan sponsorisasi pribadi atau mempunyai PPV (pembelanjaan pribadi).
- menurut aturan TIENS: klaim/komplain perpindahan jaringan hanya bisa diajukan oleh upline lama maksimal 6 bulan setelah terjadinya perpindahan.

Perpindahan jaringan hanya diperbolehkan apabila memenuhi syarat a) atau b) berikut :
a) sesuai aturan TIENS: wajib mengundurkan diri ke kantor TIENS terdekat, lalu tidak aktif selama 6 bulan, baru boleh bergabung lagi ke tempat lain. Contoh: DD ingin pindah jaringan maka mengundurkan diri di bulan Des 2015, lalu tidak aktif selama 6 bulan, sehingga di bulan Juli 2016 DD boleh bergabung ke grup lain.
b) sesuai kesepakatan OneVISION: apabila minimal 6 bulan terakhir sudah tidak aktif di jaringan upline lama, maka boleh langsung bergabung kembali di grup lain. Contoh: sekarang Desember 2015. EE sudah bergabung sejak 2013 di jaringan upline lama. EE belanja terakhir (PPV) Mei 2015, dan melakukan sponsorisasi pribadi terakhir bulan April 2015. Maka EE bulan Des 2015 boleh bergabung ke tempat lain sebab sudah tidak akftif 6 bulan atau lebih di jaringan upline lama.
Catatan: kesepakatan OneVISION memakai 'surat ijin upline' sudah tidak berlaku.

TIENS dapat dijalankan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan cara yang dijalankan oleh OneVISION. OneVISION adalah kesepakatan para leader2 OneVISION untuk menjalankan bisnis ini dengan cara kerja tertentu (7 langkah dengan mengikuti Parameter Bisnis OneVISION). Cara OneVISION ini terbukti hasilnya : OneVISION merupakan group support system terbesar di Indonesia (dan dalam waktu singkat telah ekspansi ke Malaysia, Hongkong, Vietnam, dan negara2 lain) dan peraih reward terbanyak di tiap kali Konvrensi International. Jadi kita bisa dengan tenang mengikuti sistem OneVISION ini (termasuk buku2, CD2, dan pertemuan2nya), karena sistem ini sudah terbukti keberhasilannya, kita tidak perlu mencari-cari cara menjalankan TIENS lagi, OneVISION sudah menyediakan untuk kita.
Kalau anda mau, anda bisa membuat group sendiri, dengan cara anda sendiri. Tapi, buat apa kita mencoba2 cara lain yang belum tentu berhasil, kalau semua sudah disediakan oleh OneVISION? Tentu kita ingin meraih kesuksesan dengan cepat, dan OneVISION sudah teruji.
Akhir kata, ikutilah sistem OneVISION ini dengan benar, konsultasi terus menerus dengan upline aktif anda, kerja keras, maka anda akan sukses.
NB : Perlu dibedakan antara alat2 bantu dari TIENS(dapat dibeli di TIENS Indonesia) dan alat2 bantu dari OneVISION(dapat dibeli melalui jaringan OneVISION/upline anda, tidak tersedia di TIENS Indonesia sebab internal OneVISION).

Pertama, apakah benar perusahaan itu bekerja sama ? Kalau mereka MLM (hati2 dengan money game!), apakah mereka terdaftar di APLI (www.apli.or.id) ? Apakah ada bukti tertulis kerjasama perusahaan tersebut dengan TIENS/OneVISION? Ataukah perusahaan tersebut hanya 'menempel'(menghubung-hubungkan diri) dengan TIENS/OneVISION ?
Kedua, kalau kerjasama tersebut tidak bisa dibuktikan, kalau terjadi sesuatu,siapa yang bertanggung jawab ?
Terakhir, kerjakan bisnis ini dengan sistem yang sudah teruji : ONEVISION (7 Langkah dengan mengikuti Parameter Bisnis OneVISION !) ! Banyak orang mencoba macam2 cara, tapi ONEVISION sudah terbukti hasilnya. Daripada kita mencoba sesuatu yang belum jelas, tentu lebih baik melaksanakan sesuatu yang sudah terbukti, bukan ?

Tiap2 group (meskipun di OneVISION sendiri/antar OneVISION) meskipun mempunyai cara kerja yang sama (7 langkah dengan mengikuti Parameter Bisnis OneVISION), tapi mempunyai kebiasaan/gaya/style sendiri2. Jadi seringkali kalau memberi masukan2 ke group lain (beda group/crossline), masukan2 yang diberikan bisa tidak sesuai dengan kebiasaan/keadaan group yang bersangkutan (karena yang paling tahu keadaan group anda adalah upline anda).
Jadi, kalau anda berbeda group (crossline), leader tersebut tidak berani (bedakan dengan 'tidak mau')menjawab dengan detail, hanya akan menjawab yang umum2, sisanya pasti disarankan untuk konsultasi ke upline anda. Crosslining (mendiskusikan bisnis dengan crossline) sudah terbukti menghancurkan banyak bisnis, jadi hindarilah crosslining!

Internet telah menjadi mimbar bebas bagi semua orang, apalagi dengan adanya blog & sosmed. Anda boleh pilih satu topik apapun, lalu search di internet, maka anda akan selalu menemukan banyak sekali yang pro dan kontra. Termasuk Pokemon, Harry Potter, MLM, mother Theresa, Robert Kiyosaki, Bill Gates, dan TIENS. Ini sesuai dengan pemahaman bahwa tidak ada satupun hal yang disetujui oleh 100% orang di dunia ini, termasuk Tuhan: orang Atheis tidak percaya Tuhan. Selalu ada yang pro dan kontra. Banyak juga yang tidak jelas identitasnya, maka mereka berani berkomentar apapun. Inilah salah satu alasan mengapa money game selalu tumbuh subur di internet, karena kalau kabur tidak bisa / sulit dilacak.
Kalaupun ada site tertentu yang dipaksa tutup, besok pagi akan dengan mudah muncul 10 site sejenis, karena membuat site apapun sangat mudah dan banyak yang gratis juga. Jadi mengurusi site negatif hanya akan menghabiskan tenaga. Yang bisa kita lakukan adalah:
- jangan ikut mempromosikan site2 yang negatif, termasuk dengan cara sering membaca atau memberi komentar ke site2 negatif tsb. Semakin sering anda baca/beri komentar site tersebut, site tersebut menjadi semakin populer dan otomatis malah merupakan promosi bagi site tersebut!
- Membangun jalur konsultasi yang kuat dengan group, membangun hubungan yang baik dengan downline dan upline aktif anda.

Setiap orang bebas mendengarkan dari siapapun, dan setiap orang berhak berkata apapun. Tapi satu hal: kita menjadi orang seperti siapa yang kita dengarkan, karena artinya kita mengikuti orang tersebut! Tertulis di buku Berpikir dan Berjiwa Besar: untuk menghapus 1 pikiran negatif kita perlu memasukkan minimal 2 pikiran positif. Jadi jangan beri makan pikiran kita dengan hal-hal yang negatif, apalagi tulisan2 yang penulisnya tidak berani menyebutkan jati dirinya alias surat kaleng.
Ingin contoh bahwa di internet begitu mudahnya menulis/membuat sesuatu ? Ada banyak profil pak Louis Tendean di sosmed, tapi tidak satupun yang benar2 dibuat oleh pak Louis Tendean.

TMIS adalah buatan Indonesia, sehingga data luar negeri belum bisa masuk perhitungan real time TMIS. Setiap awal bulan seluruh data di dunia dikumpulkan di HQ China, lalu di pertengahan bulan tiap-tiap distributor akan mendapat printout jaringan (di Indonesia printout jaringan bisa didownload dari TMIS tiap tanggal 12-an).
Untuk promo2 dari OV di mana anda memiliki jaringan di luar negeri: segera setelah printout anda keluar, segera periksa PBO anda, lalu berikan data lengkap PBO anda ke OV, dan OV akan memeriksa secara manual.

Peringkat OV

Dapat dilihat di TMIS (m.tiens.co.id).

Alat Bantu Terbaru

Katalog Produk

Info Alat Bantu

Testimonial

Info Alat Bantu

T-shirt TIENS

Info Alat Bantu

Netp Terbaru

Oktober 2017
File dikirim 10/11/17 (old + new dist). Fisik (belum)
September 2017
File dikirim 29/09/17 (old + new dist). Fisik dikirim 03/11/17
Agustus 2017
File dikirim 31/08/17 (old + new dist). Fisik dikirim 16/10/17